ANDROID System Operasi Smartphone

androidBisa dikatakan saat ini Handphone berbasis Android sudah dikenal oleh banyak pengguna handphone di Indonesia. Generasi awal Android dikembangkan oleh Android Inc, selanjutnya diakuisi oleh Google siraksasa mesin pencari di Internet. Ditangan Google Android semakin berkembang dan membuat nyaman sipenggunanya. Tidak hanya handphone mahal yang menggunakan System Operasi Android, handphone Low End pun sudah mulai menggunakan operasi ini. Sehingga masyarakat bisa menggunakan walau dengan budget yang minim.

Apa hebatnya Android dibandingkan dengan System Operasi lain pada Smartphone. Pastinya tergantung selera dan kebutuhan konsumen. Untuk Level atas Windows 8, blackberry 10 dan juga Apple tetap menjadi pilihan karena dari sisi prestise dan kebutuhan operational data. Smartphone yang menggunakan system operasi tersebut tidak ada yang berbudget ringan. Android hadir untuk kebutuhan data dan multimedia dengan harga sesuai kantong pengguna (high end dan low end). Mungkin karena open source sehingga Low end pun bisa menggunakan System Operasi Android. Yang menarik pada Android telah ditanam WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) dan juga bawaan produk google youtube, gmail, google play dan lain-lain.

Sekilas versi Android berdasarkan releasenya :

Eclair (2.0 / 2.1)

android-eclair

Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak Smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5.

Froyo / Frozen Yogurt (2.2)

froyo

Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.

Gingerbread (2.3)

Handphone-Android-Gingerbread

Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.

Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)

honey combMerupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration (Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011).

Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah vendor pembuat handphone menginstall Honeycomb pada Smartphone. Karena di versi sebelumnya banyak perusahaan menginstall Android ke dalam tablet PC, yang menyebabkan user tidak puas dan akhirnya membuat citra Android tidak bagus.

Ice Cream Sandwich (4.0)

google-android-ice-cream-sandwich-osAndroid Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco) dan resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” dapat digunakan baik di Smartphone ataupun tablet. Fitur utama Android ICS 4.0 ialah Face Unlock, Android Beam (NFC), perubahan major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition).

Android Jelly Bean (4.1)

jelly beam

Android Jelly Bean lebih menfokuskan fiturnya ke peningkatan User Interface yang lebih lancar dan responsif. Di versi ini juga menandai hadirnya fitur Google Now yang memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan data-data yang tersimpan (kontak, kalender, lokasi, dll) di handphone.

Applikasi Android

google playAndroid memiliki komunitas developer yang besar untuk pengembangan applikasi, ini membuat fungsi Android menjadi lebih luas dan beragam. Android Market (sekarang Google Play) merupakan tempat download applikasi Android baik gratis ataupun berbayar yang dikelola oleh Google. Apapun dapat anda downloud disini : game, kebutuhan office, utilitas, hobby dan lain-lain. Buatlah Android anda dan pengguna lain (anak, istri, kerabat) semakin nyaman untuk kebutuhan kantor, hiburan, dan sosial network. Sangat disarankan semua aplikasi masuk SD Card min 8 Gb. Untuk itu anda harus selalu maintenance Internal memory yang tersedia agar Android anda selalu cepat berlari.

Spec Smart Phone berbasis Android

Sangat disarankan sebelum membeli Smartphone berbasis Android harus dilihat spesifikasinya. Yang paling utama untuk mendukung kecepatan dan kinerja smartphone antara lain : Procesor/ CPU (rekomendasi) : 1 GHz, Memory (rekomendasi) : Internal Memory : RAM 256MB, ROM 512MB dan External (rekomendasi) : MicroSD, up to 32 GB, sedangkan untuk OS Android (rekomendasi) V2.3 Gingerbread. Semakin baik lagi apabila spec nya lebih tinggi dari uraian diatas, semua tergantung dari kantong anda.

Tidak hanya smartphone Android yang jadi pertimbangan, penyedia jaringan sebagai sarana anda berselancar di Internet harus menjadi pilihan yang pas. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan untuk berinternet ria memainkan si pintar Android menjadi beban yang merusak kantong anda. Pintar dan bijaklah dalam memilih. Salah memilih Operator membuat Android anda hanya berfungsi layaknya handphone biasa dan juga hanya bisa dimainkan game yang sudah terinstal… Sayang dong ya.

ZTE Fantasi Esia Max-D

PT. Bakrie Telecom Tbk mengeluarkan Android untuk anda yang bijaksana dalam hal pengeluaran. Diberi nama Android ZTE Fantasi keluaran pabrikan ZTE yang cukup handal dalam hal kualitas. ZTE tidak hanya penyedia hand set, tapi juga penyedia jaringan di seluruh dunia. Untuk paket yang dibundlingpun cukup menarik dan anda bisa klik di http://www.myesia.com/hapeesia-zte_fantasy.html

ZTE_productbanner_v2

ZTE_landingpage_v2

Ber Android apakah harus MAHAL…?. rasanya tidak untuk saat ini. Selamat ber Android Ria..

 

Ref from : http://www.infoteknologi.com/selular/apa-itu-android/
Advertisements

2 responses to “ANDROID System Operasi Smartphone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s