H. Achmad Bakrie : Setiap Rupiah yang dihasilkan oleh Bakrie harus dapat bermanfaat bagi banyak orang

Tanggal 10 Februari merupakan hari ulang tahun Bakrie Brothers. Sudah menjadi tradisi keluarga besar Group Bakrie, untuk mengenang tonggak sejarah para pendiri Bakrie & Brothers dilakukan ziarah kubur ke makam para pendirinya. Makam berlokasi di Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta Pusat. Tujuan ziarah ini adalah untuk mendokan Almarhum agar diterima di tempat yang layak di sisi Allah SWT dan juga untuk mengenang atas jasa-jasa beliau sehingga Group Bakrie menjadi Perusahaan yang besar dan diperhitungkan secara Nasional maupun Internasional. Acara yang sama dilakukan di Lampung dilaksanakan oleh seluruh kelompok usaha Bakrie yang berada di Lampung, ziarah dan tabur bunga ke makam H. Abu Yamin.

Dalam rangkaian ziarah 68 tahun kiprah Bakrie & Brothers di Jakarta dihadiri oleh seluruh keluarga besar Bakrie, para CEO, Alumni dan karyawan kelompok usaha Bakrie. Tanpak hadir Istri H Achmad Bakrie, Hj Roosniah Bakrie diapit oleh anak dan para cucunya. Tenda putih dan panggung kecil yang berada di halaman gerbang pemakaman, merupakan tempat acara seremonial sebelum dilanjutkan acara tabur bunga ke makam pendiri Group Bakrie : H. Achmad Bakrie, DR. H. Hamizar Hamid.BBA, H. Moh. Amrin Yamin, dan H. Rizal Irwan.

Acara dimulai dengan pembacaan kitab suci Alquran dan terjemahan. Dilanjutkan dengan renungan dengan pembacaan puisi mengutip buku “ Ketika kata ketika warna” oleh Titut dari Universitas Bakrie. Acara selanjutnya sambutan dari CEO Bakrie Brothers Bobby Gafur Umar. Dalam sambutannya disampaikan rangkaian perkembangan Group Bakrie dari mulai berdiri sampai dengan saat ini. Para undangan yang hadir dengan serius mendengarkan sejarah tokoh pendiri Group Bakrie ini dalam membangun bisnisnya. Diakhir acara ditutup dengan doa bersama untuk para Almarhum pendiri Bakrie & Brothers dan juga untuk kelancaran semuanya terutama untuk kesuksesan kelompok usaha Bakrie. Puncak acara dilakukan tabur bunga dipimpin langsung oleh Bobby Gafur Umar ke makam para pendiri Bakrie. Makam pertama yang disinggahi adalah makam H. Achmad Bakrie. Seluruh keluarga besar Bakrie memberikan doa di depan makam. Tampak dengan khusu’ Aburizal Bakrie membaca kitab suci Alqur’an. Dilanjutkan dengan tabur bunga pertama oleh istri H. Achmad Bakrie, selanjutnya dilakukan oleh anak-anak dan cucunya. Doa dan tabur bunga dilanjutkan ke makam DR. H. Hamizar Hamid.BBA, H. Moh. Amrin Yamin, dan H. Rizal Irwan.

Bapak H. Achmad Bakrie semasa hidup pernah mengatakan bahwa : ” Setiap Rupiah yang dihasilkan oleh Bakrie harus dapat bermanfaat bagi banyak orang “. Sebuah wasiat yang penuh dengan makna apabila kita pikirikan secara mendalam.

10 Februari 1942, di Teluk Betung Lampung 68 tahun lalu, H. Achmad Bakrie bersama kakak kandungnya H. Abu Yamin mendirikan Bakrie & Brothers General Merchant and Commision Agent. Perusahaan dagang di Teluk Betung, Lampung itu adalah cikal bakal Kelompok Usaha Bakrie. Sebuah usaha yang bergerak dalam perdagangan karet, lada dan kopi. Dalam perjalanan usahanya. Pada masa pendudukan Jepang sempat tidak diijinkan menggunakan nama tersebut karena dianggap kebarat-baratan. Sehingga di rubah menjadi Jasuma Shokai. Tahun 1943 Perusahaan dipindahkan ke Jakarta, dan berganti nama semula setelah Jepang menyerah.

Tahun 1952, Ekspansi Perusahaan dikembangkan tidak hanya perdagangan antar daerah. Tetapi sudah merambah ke Mancanegara. Kerjasama eksport pertama dimulai ke Negara Singapore. 5 (lima) tahun kemudian pada tahun 1957 usaha kelompok Bakrie tidak hanya bermain di sektor perdagangan dan perkebunan, tapi merambah ke sektor industri manufaktur. Gebrakan pertama dengan membeli sebuah pabrik kawat dan kemudian memperluas bisnisnya dengan mendirikan pabrik pipa baja, pabrik cor logam, dan pabrik karet remah. Dan saat ini sektor industri manufaktur berkibar pesat.

H. Achmad Bakrie wafat pada tanggal 15 Februari 1988 di Tokyo pada usia 71 tahun. kelahiran, 11 Juni 1916 di Kalianda, Lampung. Beliau dikaruniai empat anak:
• Aburizal Bakrie, menikah dengan Tatty Murnitriati
• Roosmania Odi Bakrie, menikah dengan Bangun Sarwito Kusmulyono
• Indra Usmansyah Bakrie, menikah dengan Gaby Djorgie
• Nirwan Dermawan Bakrie, menikah dengan Indira Ike

Berkat jasanya saat ini ribuan karyawan menggantungkan hidupnya pada kelompok usaha Bakrie. Tidak hanya itu, wasiat dari H. Achmad Bakrie dijalankan secara konsisten oleh para penerusnya. Sudah sepantasnya doa akan kita berikan kepada Beliau dan berharap Bakrie Brothers yang telah beliau bentuk dimasa depan semakin berkembang.

Terima kasih H. Achmad Bakrie dan para pendiri yang lain, Semoga seluruh karyawan dan keluarga yang menggantungkan hidup pada Bakrie Brothers merupakan amal Ibadah yang tidak putus-putus untuk Almarhum bawa menghadap Sang Pencipta…. Aminnnnnn Ya Robal Alamin..

Kelanjutan dari rangkaian acara HUT 68 Kelompok Usaha Bakrie diadakan Malam Syukuran peringatan hari Ulang Tahun kelompok usaha Bakrie. Syukuran berlangsung di Marketing Office Rasuna Epicentrum (MORE) 10 Februari 2010 mulai pukul 19.00 WIB. Pada kesempatan acara Aburizal Bakrie melakukan pemotongan tumpeng. Puncak dari acara malam syukuran adalah ditandatangani Piagam Bakrie Atas Nama Segenap Insan Bakrie yang ditanda tangani oleh Aburizal Bakrie, Roosmania Odi S Kusmulyono, Indra U Bakrie, Nirwan Dermawan Bakrie.

Merajut Kebersamaan Menuju Kehidupan Yang Lebih Baik

adalah tema di Hut Bakrie Brothers yang ke 68 ini. Bravo untuk kelompok Usaha Bakrie.

Advertisements

9 responses to “H. Achmad Bakrie : Setiap Rupiah yang dihasilkan oleh Bakrie harus dapat bermanfaat bagi banyak orang

    • Thx Pak BPC atas apreasiasi… lagi belajar menulis nih, gaya tulisan masih kalah lah dengan Pak BPC..

  1. Salut atas tulisannya. Banyak tulisan ttg Bakrie yang tendensius negatif, itu mungkin karena ada figur politik dalam Keluarga Bakrie shg mendorong adanya “musuh” politik yang menciptakan “kebutaan” dalam melihat fakta yang ada.
    Tulisan ini benar-benar hanya mengungkapkan fakta, tanpa berpihak atau memusuhi.

  2. Terima kasih Pak Bambang atas komentar dan kunjungannya. Bermanfaat untuk orang lain adalah cita-cita mulia yang juga kita tanamkan untuk diri kita dan anak-anak kita… Aminnnn

  3. kaget juga pas ngelihat tgl n bulan pendirian bakrie & brother’s sama dengan tanggal lahir saya….. tapi emang sesuatu yang besar harus tetap ada yang mengabadikan untuk menjadi pelajaran generasi penerus terlebih lagi hal yang berguna bagi khalayak ramai, masalah angin yang menerpa pohon tinggi apalagai kalau sudah berada di tempat yang sangat tinggi pasti kejatahan angin yang kencang berbeda dengan pohon meskipun sangat tinggi kalau ada di tengah kota paling anginnya ya biasa aja…..

    • Tidak ada manusia yang sempurna Pak.. Contoh yang baik tetap kita ambil sebagai pelajaran untuk diri kita dan generasi kita. Hal yang wajar semakin tinggi pohon semakin tinggi terpaan angin. Insya Allah untuk orang yang selalu bersandar pada Yang Maha Kuasa akan kuat menahan angin topan sekalipun. Thx ya Pak Kasisi sudah mampir.. cuma telat membalas nya. Tetap semangat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s